49. EMPAT PENDEKATAN PENGAWASAN IMPLEMENTASI KIP

Untuk mendetilkan objek pengawasan, maka anggota DPRD perlu melihat sebuah persoalan dari berbagai pendekatan, antara lain:

  1. Pendekatan fungsi manajemen. Misalnya dengan POAC (planning – perencanaan, organizing – pengorganisasian, actuating – pelaksanaan, controlling – pengawasan). Misalnya pengawasan terhadap fungsi penyuluhan masyarakat tentang hak atas informasi. DPRD dapat mempertanyakan apa saja program penyuluhan masyarakat terkait hak atas informasi publik, komunitas apa saja yang dilibatkan, apa saja yang telah dilaksanakan dan yang belum dilaksanakan, bagaimana mengukur keberhasilan program penyuluhan tersebut, dll.
  2. Pendekatan analisis kondisi objek. Misalnya dengan SWOT (strength – kekuatan, weaknesses – kelemahan, opportunities – peluang, threats – hambatan) untuk mengetahui kondisi infrastruktur dan sistem keterbukaan informasi. Misalnya, pengawasan terhadap KI Provinsi Sumatera Barat. DPRD dapat menggali apa saja kekuatan, kelemahan, peluang dan hambatan yang dihadapi dalam menjalankan penyelesaian sengketa informasi, dll.
  3. Pendekatan sistem. Melihat sebuah permasalahan sebagai satu kesatuan yang saling terikat dan mempengaruhi. Misalnya, pengawasan terhadap pelayanan informasi. DPRD dapat mempertanyakan apakah pemerintah provinsi telah menyiapkan berbagai hal yang dapat mempengaruhi terlaksananya pelayanan informasi dengan baik. Misalnya, apakah DIP yang dimiliki telah disusun secara lengkap dari seluruh SKPD dan diperbaharui berkala, apakah jumlah SDM yang memberikan pelayanan cukup, apakah masyarakat telah mengetahui adanya pelayanan informasi, apakah anggaran untuk pelayanan informasi tersedia memadai, apakah tenaga arsiparis dan fungsi kearsipan berjalan dengan baik, , dll).
  4. Pendekatan dengan beragam perspektif sosial yang berkembang di kelompok masyarakat sipil. Misalnya perspektif disabilitas. DPRD dapat mempertanyakan apakah sarana pelayanan informasi yang tersedia ramah pada kelompok disabilitas, apakah situs pemerintah provinsi dapat diakses oleh warga yang mengalami tuna netra, , dll.

Leave a comment